Miaudina’s Blog

CaiyOOOooo…..

Pendidikan Dan Internet… May 20, 2009

Filed under: School Area — miaudina @ 1:14 am

Krisis ekonomi dan korupsi(krisis kepercayaan) sekarang menunjukan betapa pentingnya suatu komunikasi baik secara lokal maupun global.Komputer dan internet sudah diterima oleh masyarakat luas sebagai alat komunikasi dan bisnis yang penting di Indonsia,Sehingga menjadi penting juga dalam dunia pendidikan.
Kunci utama yang memicu akan timbulnya harapan baru tersebut berjalan kearah desentralisasi, manajemen berbasis sekolah, dan pemberdayaan sekolah serta masyarakat untuk mempengaruhi hasil(outcomes)sekolah,juga kesatuan tujuan-tujuan dari semua sektor pendidikan.
Dimasa lalu telah dibentuk sistim komunikasi yang efisien dan efektif untuk menyebarkan informasi ke berbagai sektor dikalangan pendidikan. Pada umunmnya masalah-masalah utama pendidkan bardasarkan sistimnya, dan sekarang potensi sumber daya manusia disemua sektor tidak dimanfaatkan secara penuh.Kebanyakan penelitian dan pengembangan yang dimulai pada masa transisi baru ini seharusnya diarahkan pada pengembangan sistim komunikasi yang memberdayakan beberapa sektor pendidikan untuk membantu pengembangan dan arah masa depan pendidikan Indonesia.

Sistem Komunikasi

Penekanan penting akan memaksimumkan sumber daya manusia disemua sektor,berarti kita akan membutuhkan sistem komunikasi yang sangat efektif. Apabila kita merespons pada kebutuhan fokus awal seharusnya lebih berdasarkan penerimaan informasi daripada penyebaran informasi. Hal ini hampir memutarbalikkan peran jika dibandingkan dengan peran komunikasi administrasi pendidikan yang dulu.

Penelitian mengenai pengembangan sekolah jelas menunjukan salah satu cara yang paling efektif bagi sekolah yang ingin berkembang secara mandiri yaitu lewat berbagi(sharing) informasi dan ide-ide.Melelui penyampaian masalah secara kolektif diantara rekan seprofesi sudah menghasilkan solusi yang efektif dan dapat direalisasikan.

Masukan (input) dfan kontribusi langsung dari para pemegang poeran (stakeholders) yang laim;siswa,orang tua dan anggota masyarakat juga memberikan informasi yang sangat membantu dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi pengembangan sekolah. Lagipula kunci utama untuk meningkatkan komunikasi harus terfokus pada saling berbagi komunikasi terbuka dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan dukungan dari segala bidang.

Tanggung jawab sekolah dalam memasuki era globalosasi baru ini yaitu harus menyiapkan siswa untuk menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat kita.Kemampuan untuk berbicara bahasa asing dan kemahiran komputer adalah dua kriteria yang biasa diminta masyarakat untuk memasuki lapangan kerja baik di Indonesia maupun diseluruh dunia. Dan hanya sekitar 20-30% lulusan sekolah menengah yang melanjutkan ke tingkat pendidkan yang lebih tinggi, maka dengan adanya komputer yang telah merambah disegala bidang kehidupan manusia hal itu membutuhkan tanggung jawab sangat tinggi bagi sistim pendidikan kita untuk mengembangkan kemampuan berbahasa siswa dan kemahiran komputer.

 

Leave a comment